Sabtu, 04 Januari 2014

Wisata Kuliner di Balikpapan

Rumah Makan Dandito
Restoran Dandito sudah sepuluh tahun di Jalan Marsma Iwahyudi, Gunung Bakaran. Menu kepitingnya adalah kepiting saos tiram, asam manis, lada hitam, goreng mentega, rebus masak tim, goreng bawang putih dan sop kepiting asparagus. Bagi pengunjung yang tidak suka makan kepiting ada menu udang, ikan, cumi, daging, ayam yang digoreng atau dibakar, dan bermacam-macam saos. Untuk sayuran ada pilihan cah kangkung, cah sawi, cah taoge dan cap cay. Di Bandara Sepinggan, Balikpapan juga tersedia counter khusus packing ukuran satu kilogram kepiting berbagai macam rasa sehingga penumpang pesawat dari Balikpapan tinggal membeli oleh-oleh kepiting Dandito di bandara saja dan tidak perlu harus mampir ke restorannya. Harga per porsi berbagai macam rasa kepiting tergantung jenis kepiting yang dipilih. Kepiting telur satu porsi Rp 117.000, kepiting jantan Rp 100.000, dan kepiting soka Rp 100.000. Yang paling murah pepes kepiting hanya Rp 16.500 per bungkus. Abon kepiting Rp 20.000 juga per kemasan plastik.








Rumah Makan Kepiting Kenari
Terletak di Jl. Marsma. R. Iswahyudi No.04. Resto ini menyajikan makanan seafood yang sedap. Satu porsi terdiri dari 2 ekor kepiting yang cukup besar. Selain dimakan ditempat, kepiting juga dapat dibungkus dan dibawa sebagai oleh-oleh. Kemasannya cukup ringkas dan jangan takut, kepiting tersebut cukup tahan 1 atau 2 hari apabila disimpan di kulkas. Letaknya tidak jauh dari Bandara Sepinggan, Balikpapan. Sehingga apabila ingin membeli oleh-oleh seafood, cukup singgah sebentar sebelum anda check in. Biasanya resto ini ramai pada saat makan siang. Dan biasanya pukul 15.00 persediaan kepiting sudah menipis. Jadi jangan heran kalau sore, menu kepitingnya sudah kosong.







Soto Banjar Gunung Kawi
Terletak di Jl. P. Antasari No. 38, Sebelah Masjid Al-Huda, Gunung Kawi, Balikpapan. Tidak ada plang nama penanda Soto Banjar di depan rumah makan ini. Tapi, deretan mobil-mobil parkir silih berganti ketika pagi di area parkir yang sebenarnya gak memungkinkan banyak mobil untuk parkir. Ini pertanda kalau memang Soto Banjar di sini cukup enak. Warung ini buka dari jam 7 pagi - habis (sekitar waktu dhuhur). Harga : 
Soto Banjar – Rp 18,000
Nasi Sop – Rp 18,000
Es Teh – Rp 4,000






Restoran Suky 
Terletak di ruko baru Balikpapan dan Depot Simpang 4 Jalan Pandansari, menyediakan mantau – bakpao padat khas balikpapan yang biasanya dihidangkan dengan aneka menu masakan ala Tionghoa.






Rumah Makan Ayam Goreng Madu
Terletak di Jalan Sudirman no 26, tidak terlau jauh dari Le Grandeur. Seporsi ayam goreng, ada dua piring, sepiring nasi putih dan sepiring lagi ayam goreng, lalapan, pecel sama tempe plus tahu goreng.





Toko Amplang Salsabila
Terletak di Jl A. Yani No 10 Balikpapan, spesialis amplang kuku macan. Terdapat aneka rasa dalam produk amplang ini, seperti ikan tenggiri, ikan pipih dan ikan biji nangka. Harga amplang yang ditawarkan relatif lebih murah mulai Rp 3.000-35.000. Tiap pembelian 10 bungkus amplang dengan harga sama bakal mendapatkan gratis satu bungkus senilai harga tersebut.





Rumah Makan Tahu Sumedang
Terletak di Jalan Raya Balikpapan - Samarinda KM.50, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara. Rumah Makan ini tidak hanya menyediakan tahu sumedang saja, tetapi terdapat menu - menu makanan lain seperti nasi goreng. ayam goreng, dll.






Sumber :
www.openrice.com
www.dapurbalikpapan.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar