Jumat, 03 Januari 2014

Tempat Wisata Balikpapan

 

Tempat Wisata Balikpapan:


Taman Agrowisata
Diresmikan tanggal 17 Desember 1997 oleh Bapak Tri Sutrisno, berlokasi di Jl. Soekarno Hatta km 23, dengan luas 100 ha dan memiliki berbagai koleksi tanaman tropis serta dilengkapi dengan tempat piknik terbuka, rumah panjang Dayak, tempat berkemah dan pemandangan alami, dilengkapi play ground, shelter, tempat parkir, mushola dan play group, dapat dikunjungi dengan angkutan kota trayek nomor 8.

  1.  

     

     

     


    Wana Wisata Km 10 
    Taman arboretum yang dibangun oleh PT. Inhutani I Unit Balikpapan, dengan berbagai jenis pohon hutan dan buah-buahan langka, sebagai tempat berkemah dan jogging yang sejuk dan alami, dilengkapi gedung pertemuan, pusat informasi, gazebo, play ground dan warung kaki lima, dapat ditempuh dengan angkutan kota trayek nomor 8.  

    http://www.indonesia.travel/public/media/images/upload/poi/wana%202.jpg


    http://www.indonesia.travel/public/media/images/upload/poi/KAWASAN_kecil.JPG 

    http://www.jotravelguide.com/images/balikpapan/wana-wisata-forest-6.jpg

    http://advanture.files.wordpress.com/2010/05/img_2304.jpg 


    Pantai Manggar Segarasari 
    Tempat rekreasi pantai terletak 22 km dari pusat Kota Balikpapan tepatnya di kecamatan Balikpapan Timur. Di sana terdapat shelter, banana boat, speed boat, ruang informasi dan warung kaki lima. Pantai ini dapat dicapai dengan angkutan kota trayek nomor 7.

     
     


     

    Pantai Lamaru
    Berada di sekitar daerah Batakan dan Teritip. Pantai ini merupakan pantai yang memiliki ombak yang tenang, saat air surut maka kita bisa bermain di pasirnya yang luas. Kontur pantainya cenderung landai dengan dasar berpasir dan dangkal. Maka tidak heran jika pantai ini sangat cocok untuk yang mau bermain di pasir, selain bermain di pantai anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas menarik dan fasilitas air yang patut di coba adalah sepeda air yang sisi kiri dan kanannya tersedia kincir kecil yang bisa membuat anda menjelajahi perairan pantai yang dangkal.







    Hutan Lindung  Sungai Wain (HLSW) 
    Obyek wisata alam Kota  Balikpapan terletak di Km 15. HLSW adalah perpaduan obyek wisata hutan dan  sungai. Luas keseluruhan kawasan HLSW adalah 10.025 hektar dan dilalui sungai Wain yang panjangnya 18.300 m dengan airnya yang jernih dengan hutan bakau dan habitat burung, ikan , kepiting dan orang hutan. 
     


     

     


    Penangkaran Buaya Teritip
    Penangkaran Buaya ini terletak di i Jl Mulawarman No 66, Desa Teritip, Kecamatan Balikpapan Timur. Penangkaran Buaya Teritip hanya berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat kota Balikpapan. Jumlah buaya yang ada di penangkaran ini berjumlah 3.000 ekor yang terdiri dari tiga macam jenis, yaitu Buaya Muara, Buaya Supit dan Buaya Air Tawar. Tempat ini terbuka untuk umum setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00. Lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat, juga dengan kendaraan umum yaitu angkutan kota No. 7.

     
     
     

    Taman Bekapai
    Berlokasi di Jl. Jend. Sudirman. Taman ini mudah diakses dari mana saja, karena ada banyak kendaraan umum dengan berbagai jurusan yang melewati Jl. Jenderal Sudirman. Menemukan Taman Bekapai menjadi lebih mudah lagi dengan adanya kantor PLN yang berada diseberang taman. Kantor PLN ini mempunyai logo mencolok yang mudah dikenali dan bisa menjadi patokan ketika ingin pergi ke Taman Bekapai.







    Momumen Perjuangan Rakyat (Monpera)
    Monumen ini terletak di pusat kota tepatnya di Jl. Jenderal Sudirman persis didepan kantor Markas KODAM VI Tanjung Pura. Monumen ini menggambarkan perjuangan dan keberanian rakyat Indonesia dalam melawan bangsa penjajah.







    Bukit Bangkirai
    Kawasan wisata alam yang dikelola PT Inhutani I Unit I Balikpapan. Kawasan wisata ini terletak di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan. Wisata ini menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami, yang dilengkatp dengan sarana dan prasarana wisata seperti restoran, lamin untuk pertemuan, kolam renang, serta cottage maupun jungle cabin. Di kawasan ini terdapat canopy bridge (jembatan tajuk) sepanjang 64 m yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 m. Jembatan tajuk ini merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang kedelapan di dunia. 


     
     



    Angkasa Airsoftgun Area 
    adalah satu-satunya arena wisata militer pertama di kota Balikpapan bahkan di Kalimantan, yang perlu anda coba. Arena permainan tempur resmi di Indonesia yang dimiliki oleh TNI-AU (Yayasan) ini didirikan pada bulan Agustus 2009 dan terbuka untuk umum. Terletak di Jl. Iswahyudi, Komplek TNI AU, Lanud Balikpapan.

    Buka: Jam 08.00-malam hari (setiap hari)
    Biaya masuk: Rp. 100.000/orang (untuk 2 jam permainan, sudah termasuk sewa senjata dan alat-alat pengaman)
     
     
     




    Tugu / Makam Jepang (Lamaru)
    Terletak berdekatan dengan Pantai Lamaru. Tugu ini merupakan tugu peringatan yang melambangkan perjuangan kegigihan pasukan Jepang ini dibangun di atas makam pemimpin pasukan Jepang yang gugur dalam pertempuran melawan kekuatan sekutu di masa perang dunia ke-2. Makam ini dikelilingi dengan taman dan berlatar belakang pantai berpasir putih.


    Gerbang Kuburan Jepang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia 


    Kuburan Jepang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia 


    Gazebo Kuburan Jepang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Indonesia 



    Pantai Kemala 
    Pantai Kemala atau Pantai Polda terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan, Propinsi Kalimantan Timur. Lokasinya yang berada di pinggir jalan namun terhalang oleh bangunan perkantoran menjadikan obyek wisata satu ini tidak begitu mencolok. Nuansa Bali akan terasa saat berada di pantai ini. Hal tersebut dikarenakan dari pantai berpasir putih yang lembut dengan ombak yang tenang dan pohon kelapa yang berada di pinggir pantai ini terlihat jelas bangunan gedung-gedung bertingkat yang berada di pinggir pantai. Selain itu terdapat resto di pinggir pantai ini yang ditata seperti resto di Bali. Selain bermain pasir dan berenang di pantai ini, juga ada watersport yang ditawarkan, seperti : banana boat, jet ski dan flying fox. 
     


     

     


    Kilang Minyak Balikpapan
    Kilang minyak Balikpapan terletak di tepi Teluk Balikpapan, meliputi areal seluas 2.5 km2 . Kilang ini terdiri dari unit Kilang Balikpapan 1 dan unit Kilang Balikpapan II. Kilang Balikpapan 1 dibangun sejak tahun 1922 dan dibangun kembali pada tahun 1948 dan mulai beroperasi tahun 1950. Sedangkan Kilang Balikpapan II dibangun tahun 1980 dan resmi beroperasi 1 Nopember 1983. Tugas Kilang Balikpapan mengolah minyak mentah menjadi produk-produk yang siap dipasarkan, yaitu BBM dan Non BBM. yang memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya kawasan Timur Indonesia. Lokasi kilang terletak di Jl. Minyak yang berhadapan langsung dengan teluk Balikpapan.








    Lapangan Merdeka
    Tempat ini berada di jalan jendral sudirman atau tepatnya berjarak sekira 3 KM dari pusat kota. Lapangan merdeka balikpapan ini adalah lapangan multifungsi dimana selain di pergunakan untuk kegiatan-kegiatan resmi juga di pakai untuk menghabiskan akhir pekan disini. Bagi pecinta kuliner di balikpapan, tempat ini juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata kuliner balikpapan karena banyak sekali bertebaran penjual-penjual kuliner disini. Setiap akhir pekan, tempat ini di penuhi oleh warga balikpapan dan di dominasi oleh para orang tua yang memiliki balita. Karena di lapangan merdeka balikpapan ini banyak sekali mainan anak yang cukup bisa menghibur untuk anak-anak balita.



    File:Lapangan Merdeka Balikpapan.jpg 


     
    Tugu Mathilda 
    Terletak di Jalan Yos Sudarso di tepi jalan Minyak wilayah Pertamina yang merupakan bekas pengeboran minyak pertama di Kota Balikpapan. Peristiwa pengeboran ini sangat bersejarah bagi Kota Balikpapan, hingga tanggal pengeboran pertama ini ditetapkan sebagai "Hari Jadi" Kota Balikpapan. Cagar Budaya ini merupakan bagian dari beberapa pompa minyak yang di bor oleh bangsa Belanda pada tahun 1897 dengan kedalaman sumur 222 meter, Berupa pipa dan katup pengontrol sebanyak lima buah serta satu buah pengontrol tekanan. produksi awal 184 barrel, komulatif total produksi sebanyak 68.375 barrel dan ditutup tahun 1903. Keunikannya bahwa Sumur Mathilda ini adalah bukti artefaktual eksplorasi minyak bumi PERTAMA di Indonesia.




Pantai Melawai
Pantai Melawai berada di sepanjang Jalan Sudirman, Balikpapan, Kalimantan Timur. Keunikan Pantai ini adalah saat petang akan banyak pengunjung duduk beralas tikar sambil menanti matahari terbenam dan menikmati pemandangan kapal-kapal yang sedang berlabuh, menurunkan muatan di Pelabuhan Semayang, atau berlayar di Teluk Balikpapan.







Sumber :
http://www.foursquare.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar